Islamic Calendar


Kategori

PENGUNJUNG

Counter Thrifty Car Rental

Locations of visitors to this page PageRank

BLOG SUPPORTED BY

http://i603.photobucket.com/albums/tt118/Jarkoni/AL-AZHARKOMPUTERSmall2.jpg
.: اهلا وسهلا فى المعهد الأزهر :.

Sekilas Tentang Ponpes Al-Azhar Tugung

Diposting oleh أحمد زرقاني Minggu, 02 Mei 2010



SELAYANG PANDANG EKSISTENSI PONDOK PESANTREN

     Era transformasi membawa perkembangan dan kemajuan jaman, yang menumbuhkan berbagai perubahan perubahan dan tantangan tantangan baik bersifat positif maupun negatif. Eksistensi (keberadaan ) pondok pesantren sebagai suatu lembaga pendidikan, di tuntut mampu mengawal zaman yang serba majemuk ini, serta fungsinya sebagasi lembaga yang “ tafaqquh fiddin “ di harapkan mampu berperan subyek dalam kehidupan masyarakat.

   Keberadaan pondok pesantren saat ini dengan segala KH.asanah kultur yang terdapat di dalamnya, merupakan karya monumental para ulama pendahulu, yang tak hanya merupakan symbol atau monumen fisik belaka, namun lebih dari itu yakni monumen spiritual bagi generasi penerus. Para ulama pendahulu juga telah telah meletakkan kerangka landasan yang kokoh berupa nilai nilai yang luhur di dalam pondok pesantren, sehingga menjadikan pesantren sebagai motor penggerak dan dinamisator dalam masyarakat. Pondokl pesantren dengan keberadaanya telah menunjukkan sumbangsihnya kepada bangsa ini, dengan di kukuhkan oleh fakta sejarah bahwa saham perjuangan bangsa ini di dominasi oleh dunia pesantren.

   Sebagai generasi penerus, kita berkewajiban menjaga dan melestarikan hasil hasil perjuangan para ulama pendahulu terhadap pesantren. Dengan demikian eksistensi pondok pesantren akan semakin di akui serta mengakar dalam masyarakat yang di manifestasikan dengan dapat memberikan siraman siraman kemaslahatan dhohiriyah maupun bathiniyah kepada umat yang selalu haus dahaga terhadap kebahagiaan sejati.

   Demikian halnya dengan pondok pesantren “ AL AZHAR “ Tugung. Terdorong oleh rasa tanggung jawab sebagai lembaga pengabdian masyarakat , selalu berusaha meningkatlan aktivitas serta kualitas santri dan siswa sehingga memiliki sikap mental,intelektual yang di dasari oleh pengembangan dan penggalian ilmu amaliah dalam rangka menyumbang kontribusi positif terhadap mekanika dan dinamika perkembangan di tengah tengah era modernisasi dan globalisasi.


PARA PENGASUH PENGGANTI HADROTUSSYAIKH.

   HadlrotussyaiKH. Abbas Hasan adalah seorang figure pemimpin arif bijaksana, laksana penerang kegelapan di jaman kegersangan um mat manusia. Namun karena alloh SWT telah mendatangkan majaril aqdarnya, maka beliaupun berpulang ke haribaan ilahi rabbi.

   Cita cita luhur hadratus syaiKH. dalam menegakkan agama alloh SWT tidak terputus begitu saja, Ibarat tunas ´hilang satu tumbuh seribu “. Setelah hadratus syaiKH. wafat, tongkat estafet kelangsungan pondok pesantren al azhar di pangku oleh putera dan menantu beliau. Tercatat pada periode berikutnya pesantren al azhar dapat berjalan dengan tegap dan eksis dalam meneruskan perjuangan hadratussyaikh.

   Di antara putra dan menantu beliau yang masih aktif dalam perkembangan al azhar:
     1.KH. Yasin Abbas
     2.KH. Ahmad Abbas
     3.KH. Syafi’I Abbas
     4.KH. Dawud Abbas
     5.KH. Asnawi Khozin
     6.KH. Masruri
     6.KH. Ahmad syam

Beliau-beliau ini hingga kini “ngula wentah “ memberikan asah, asih serta asuh kepada semua santri yang bernaung di pondok pesantren al azhar dengan tabah, telaten dan bijaksana.
   Adapun putra putri, cucu dan menantu beliau yang memilih syiar agama di luar Tugung
antara lain:
     1.KH. Amnan pendiri PP. Al Amnan di Kebon Dalem, Banyuwangi.
     2. KH. Haromain pendiri PP. Al Abbas di Cirebon Jawa Barat.
     3. KH. Yasin Abbas pendiri PP. Riyadul Jannah Tugung, Banyuwangi.
     4. KH. Syafi’I Abbas pendiri PP. Al Abbasiyah Huffadz Tugung, Banyuwangi.
     3. KH. Ahmad Abbas pendiri PP. Al Huda Kaliputih, Banyuwangi.
     4. Nyai Humaidah pendiri PP. Assuniyah Banyuwangi
     5. Nyai Saudah pendiri PP. Nahdlatut Thullab Pundungan Srono, Banyuwangi.
     6. KH. Ihsanuddin / Nyai dewi pengasuh PP. Al Ihsan Sumberwadung, Banyuwangi.
     7. KH. toha pendiri istighotsah amnaniyah sirajut tholibin denpasar bali
     8. Kyai Ahmad Suyyid pendiri Istighotsah Abbasiyah Tugung, Banyuwangi.
     9. Kyai Kholili Pengasuh PP. Setail, Banyuwangi. 

   Adapun saudara putra dan cucu r Abbas yang aktif dalam syiar islam antara lain
1.      KH. Jauhari pendiri PP. Jauhariyah Pasuruan.
2.      KH. Imam Syakroni pendiri PP. Taman Agung, Banyuwangi.


Jika seorang hamba Allah tidak lagi mengangis karena takut dengan kekuasaan Allah, Justeru menangislah karena ketidakmampuan itu...