Islamic Calendar


Kategori

PENGUNJUNG

Counter Thrifty Car Rental

Locations of visitors to this page PageRank

BLOG SUPPORTED BY

http://i603.photobucket.com/albums/tt118/Jarkoni/AL-AZHARKOMPUTERSmall2.jpg
http://img27.imageshack.us/img27/5472/abbasiyah.gif
.: اهلا وسهلا فى المعهد الأزهر :.

Adab Menggunakan Tulisan Quran Untuk Pengobatan

Diposting oleh أحمد زرقاني Minggu, 02 Oktober 2011

Didalam khazanah Ilmu Hikmah, ada suatu metode penyembuhan menggunakan tulisan ayat Al-Quran (tabarruk bil Quran). Metode ini telah masyhur dikalangan para pengamal Ilmu Hikmah sebagai suatu metode yang luar biasa mujarrob. Didalam berbagai Kitab Ilmu Hikmah seperti Syamsul Ma’arif Al-Kubro, Manba Ushul Al-Hikmah, Khazinatul Asror, At-Thibbun Nabawi dll. menyebutkan berbagai macam manfaat yang telah terbukti dari pengaplikasian metode penyembuan menggunakan tulisan ayat Al-Quran ini.

Dalam pengaplikasiannya, biasanya mereka menuliskan ayat-ayat tertentu untuk keperluan tertentu. Sebagai contoh, untuk penyembuhan dari penyakit, maka mereka menuliskan “ayat-ayat syifa” (yaitu ayat-ayat yang dalam kalimatnya terdapat makna penyembuh), untuk perlindungan mereka menuliskan “ayat-ayat hifzh” dsb. Selain itu media-nya pun harus dari media yang halal. Tintanya menggunakan Za’faron (cairan yang berasal dari stigma bunga Za’faran), ditulis pada pinggan putih bersih dan dilarutkan dengan air zamzam . Lalu airnya diminumkan secara kontinyu.

Berikut ini merupakan sebuah penggalan tulisan Imam Nawawi Al-Banteni Al-Jawi dalam kitabnya Syarh Qomi’ut Tughyaan halaman 8 yang menjelaskan tentang adab kepada Al-Quran. Lebih spesifik, beliau mengajarkan bagaimana adab menggunakan tulisan ayat Quran untuk pengobatan dan hal lainnya..


Kitab Qami' At-Tughyaan, Halaman: 8


::Terjemah::

Dan janganlah menuangkan air basuhan Al-Quran diatas sampah, apabila ia membasuh tulisan Al-Quran itu sebagai sarana penyembuhan dari penyakit. Dan jangan juga menuangkan air basuhan tersebut ditempat najis, dan jangan juga ditempat yang terinjak-injak, akan tetapi tuangkanlah air tersebut di suatu daerah dibumi, pada suatu tanah yang tidak akan terinjak-injak oleh manusia. Atau hendaknya ia menggali suatu lobang ditempat yang bersih, sehingga dapat dituangkan cairannya didalam lubang tersebut kemudian menguruknya. Atau dituangkan disungai besar yang akan bercampur airnya dan mengalir..

Hendaknya ia menyebut asma Allah disetiap nafas ketika menulis Al-Quran (untuk penyembuhan) atau meminumnya dan menganggungkan niat dengan perbuatannya itu.. karena sesungguhnya Allah akan memberikan sesuatu kepadanya menurut ukuran yang diniatkannya..




http://3.bp.blogspot.com/-2nVwigcIzQQ/Uz1wccw5EvI/AAAAAAAAAck/1msTbplgDSE/s1600/allubab.gif
Jika seorang hamba Allah tidak lagi mengangis karena takut dengan kekuasaan Allah, Justeru menangislah karena ketidakmampuan itu...