Islamic Calendar


Kategori

PENGUNJUNG

Counter Thrifty Car Rental

Locations of visitors to this page PageRank

BLOG SUPPORTED BY

http://i603.photobucket.com/albums/tt118/Jarkoni/AL-AZHARKOMPUTERSmall2.jpg
http://img27.imageshack.us/img27/5472/abbasiyah.gif
.: اهلا وسهلا فى المعهد الأزهر :.

DALAM MASA PENJAJAHAN BELANDA

Diposting oleh أحمد زرقاني Minggu, 28 Maret 2010

II. DALAM MASA PENJAJAHAN BELANDA



Pada jaman penjajahan Belanda Pondok Pesantren AL-AZHAR Tugung menjadi pertahanan yang tangguh bagi Tentara Republik Indonesia(TNI). Pada waktu itu Pondok Pesantren AL-AZHAR Tugung pernah ditempati gerilyawan TNI dan pernah menjadi ajang pertempuran.


Tentara kita yang berada di Pondok AL-AZHAR Tugung ini pada waktu siang hari sebagai santri dan apabila malam tiba menjelma menjadi gerilyawan yang lengkap dengan senjata di pundaknya.


Dan pada jaman revolusi fisik merebut kemerdekaan Republik Indonesia, TNI banyak yang bergabung ke Pondok Pesantren AL-AZHAR dan mengadakan kegiatan.


Pada suatu waktu Belanda menyerang gerilyawan kita dan banyak yang tertangkap oleh Belanda, kemudian dibawa dengan kendaraan kereta api lewat Benculuk menuju ke tahanan besar Belanda di Pesanggaran Banyuwangi (pada waktu itu kereta api jurusan Benculuk masih ada).


Semenjak dalam perjalanan sampai pada tujuan, gerilyawan kita dianiaya dengan cara disuluti rokok dan dengan penganiayaan berat lainnya. Sesampainya di Pesanggaran mereka dimasukkan dalam penjara dan dipaksa untuk mengaku dan menunjukkan dimana prajurit TNI yang lainnya.


Sebagian besar gerilyawan kita yang tertangkap itu tutup mulut sehingga banyak yang ditembak mati.

Sesudah K.H.R. Abbas mendengar laporan tentang hal itu, maka beliau mengutus muridnya (santrinya) untuk mengantarkan surat yang isinya menyatakan bahwa yang ditangkap oleh Belanda itu adalah tidak lebih dari pada santri yang sedang belajar mengaji di Pondok Pesantren AL-AZHAR. Akhirnya oleh Belanda semua tahanan tersebut dikeluarkan.


Dan pernah pula Pondok Pesantren AL-AZHAR Tugung sebagai ajang pertempuran diluar pinggiran Pondok Pesantren dan banyak tank-tank belanda yang masuk sungai dipinggiran Pondok Pesantren AL-AZHAR Tugung, namun Belanda tidak bias masuk kedalam Pondok Pesantren tersebut. Entah tidak tahu karena apa…??


Juga pernah Pondok Pesantren AL-AZHAR Tugung di bom dari udara oleh Belanda tetapi jatuh didekatnya kira-kira 50 meter dari lokasi Pondok Pesantren AL-AZHAR dan masih banyak saksi mata yang masih hidup sampai sekarang.


Dalam rangka ikut menumpas Kontra Revolusi G.30.S/PKI Pondok Pesantren AL-AZHAR Tugung merupakan pusat kegiatan ABRI dan Rakyat.


KEMBALI KE >> SEJARAH SINGKAT AL-AZHAR



http://3.bp.blogspot.com/-2nVwigcIzQQ/Uz1wccw5EvI/AAAAAAAAAck/1msTbplgDSE/s1600/allubab.gif
Jika seorang hamba Allah tidak lagi mengangis karena takut dengan kekuasaan Allah, Justeru menangislah karena ketidakmampuan itu...